Monday, October 8, 2012

Review: HadaLabo Tamagohada Mild Peeling Make Up Remover & Face Wash


Pengen kulit lembut kenyal kayak telur rebus kayak saya?

Hada Labo memang ngeluarin satu line khusus buat cleanser, yaitu HadaLabo Tamagohada; yg terjemahan longgarnya : 'kulit telur'. Tamago = telur, hada = kulit. Katanya sih,  cleanser plus mild peeling plus make up remover ini bisa bikin kulit lebih cerah, licin & halus sekaligus lembut kenyal - kenyal kayak telur rebus.


Hmm..masa sih bisa bikin cerah>

Klaim produk bisa dilihat disini, dan harap maklum untuk bahasa enggres versi Google Translate yang yaah..begitulah. Jika ingin versi yang bisa dipahami secara mudah, sila kunjungi situs HadaLabo Singapore, disini.

Versi ringkasnya, HadaLabo Tamagohada MakeUp Remover & Facewash ini mengandung AHA [Glycolic Acid] dan BHA [Salicylic Acid] sebagai peeling ringan untuk mengangkat sel - sel kulit mati, kotoran, sehingga membuat kulit lebih halus karena sel-sel yang baru dan sehat terangkat ke permukaan kulit.





Mengenal AHA dan BHA.
Banyak dari kita yang bingung dengan embel2 dua singkatan di atas dalam banyak produk pembersih dan/atau pencerah kulit. Abis dua - duanya diklaim 'bisa bikin kulit makin cantik dan putih'. Nggak gitu juga sih, ada bedanya kok :)

"Putih dan cantik? Lagi ngomongin aku?"

Lalu apa sih sebenarnya AHA dan BHA?
Alpha Hydroxy Acid atau α-Hydroxy acids  : adalah senyawa asam alami yang ditemukan dalam tumbuhan dan buah - buahan. Glycolic Acid, yang terkandung dalam HL Tamagohada adalah salah satu dari jenis AHA, dan glycolic acid ini didapatkan dari gula tebu. Apa sih gunanya? Cara kerjanya?
Cara kerja AHA adalah mengeksfoliasi lapisan teratas kulit sekaligus merangsang pertumbuhan lapisan stratum corneum baru, meningkatkan kemampuan kulit memproduksi kolagen dan mukopolisakarida: yang hasil akhirnya adalah, kulit lebih halus, kenyal, dan sehat.
Manfaat AHA bisa dirasakan terutama bagi mereka yang punya permasalahan dengan kulit kusam, kasar, flek karena sinar matahari dan atau faktor usia, dan berkulit normal/kering karena sifatnya yang meningkatkan kelembapan kulit.

Beta Hydroxy Acid : adalah senyawa asam yang juga ditemukan dalam buah - buahan. Salycylic Acid adalah salah satu BHA :)
Berbeda dengan AHA, BHA memiliki properti medis anti inflamasi,keratolitik [mencerna sel - sel kulit mati] dan antiseptik.BHA juga membuka pori-pori sekaligus memberantas bakteri penyebab jerawat; mengecilkan pori-pori dan memberi ruang pada sel - sel kulit baru yang sehat untuk tumbuh. Karena itu, BHA baik bagi mereka yang kulitnya berminyak, punya masalah dengan komedo dan jerawat.

Untuk memahami kenapa kulit kita 'ramah' terhadap asam, kita perlu lihat tabel ini :


 Kulit kita,pH nya tidaklah netral seperti klaim banyak produk pembersih yang menyatakan kalau pH netral seperti air adalah yang terbaik buat kulit. Nope. Kulit kita sifatnya sedikit asam karena kulit punya lapisan yang namanya acid mantle yang pH nya berkisar antara 4.5-6.2 . Acid mantle atau lapisan asam ini dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit, dan fungsinya seperti tameng pelindung bagi kulit dari serangan kotoran, debu, dan bakteri.




Sayangnya, acid mantle ini kita rusak sendiri dengan produk2 yang mengandung alkohol, atau alkali. Sodium Lauryl Sulphate atau SLS , yang sering terkandung dalam produk sabun/face wash,atau sejenisnya, pH nya 10 alias sangat sangat alkali, dan ini merusak acid mantle kita, dan bikin kulit kita makin rentan kena masalah :) Next time you go shopping for facial wash, luangkan waktu untuk memelototi ingredients list dan cari - cari info sebanyak mungkin tentang kandungannya. Sekadar contekan, urutan di ingredients list menunjukkan komposisi persentase bahan dari yang paling banyak sampai yang paling sedikit :)

So, apakah Tamagohada memang benar - benar bisa membereskan makeup? Scroll kebawah dan bersabar sebentar ya kalo gambarnya belum nongol :3

Teksturnya lebih encer daripada HL SHA face wash dan HL Arbutin face wash

Tanpa air

Setelah dibilas, di tes lagi dengan kapas yg ada milk cleansernya, ternyata memang udah bersih :)



Selain membersihkan dengan tuntas..tas..tasssss, memang keliatan kalo kulit jadi sedikit lebih kering, dan memang nggak selembap hasil akhir pake HL SHA face wash.

What I Like :
- Tuntas membereskan makeup
- Ada AHA dan BHA nya
- Lebih praktis dan ekonomis dibandingkan beli seperangkat cleansing milk + cleansing toner lalu harus cumuk lagi pake face wash
- No colorant, alcohol, fragrance.
- Muka jadi cerah setelah cuci muka.

What I Don't Like :
- Teksturnya yg lebih encer daripada HL SHA face wash
- Agak kering
- Setelah insiden mata perih, kayaknya lebih baik untuk eye make up tetap dibersihkan pake cara jadul.

Perlu dicatat, nggak boleh sering - sering pake face wash ini, karena mengandung 1,001% Glycolic acid, dan wajib pake sunscreen kalo pake produk ini, supaya kulit nggak iritasi karena over-exfoliating. Yah, dimana - mana juga, yang namanya berlebihan itu nggak baik kan? :)

Apa saya suka produk ini? Ya. Akan beli lagi? Pasti ! ^^b

Daftar istilah dan keterangan lebih jauh:
1. Salicylic Acid
2. Acid mantle
3. Glycolic acid
4. Mukopolisakarida
5. Stratum korneum
6. AHA dan BHA untuk masing - masing tipe kulit

15 comments:

  1. jelaas bener penjelasannyaaa...:)))

    ReplyDelete
  2. semoga gak ada yg ngantuk baca penjelasannya xDD
    thanks for visiting anggie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hy,,slam kenal y,,
      Ohh iya HL tamagohada katanya gk blh d pakai sering" y??
      Itu maksudnya gimana?pkai nya hanya 2x sehari gitu??gk boleh lebih??
      Trs gini ini sabun,atau sprti cleanser yg stlah di gunakan di bersihkan pakai kapas?
      Mukaku minyakkan,udh gitu kdg berjrwt,tapi bekas" jrwtnya yg susah hiLangnya,apa bisa sy pakai HL tamagohada ini?
      Thank u,,
      Dibales y,,:)

      Delete
    2. Halo, makasih udah mampir :D
      Iya bener banget ga boleh sering2. Aku pake sehari sekali aja kok, soalnya kulitku kombinasi [T oily, U dry-sensitive. Jadi ngga berani pake lebih dari sekali sehari [biasanya malem ato kalo habis pergi & pake make up], soalnya aku juga peeling pake acid seminggu sekali. Takut kenapa2, jadi aku pake sekali sehari aja.
      Ini face wash/sabun muka biasa kok say, cuma dia bisa banget beresin makeup , praktis jadinya.
      Kalo bekas jerawat,harusnya sih bisa soalnya dia ada Glycolic Acid nya. Tapi harus dibarengi sama pelembap/serum yg cocok buat masalahmu biar lebih efektif kerjanya :)
      dan makasih juga ^^

      Delete
  3. Kalo umur aku baru 16th Boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nggak ada keterangan batasan umur dari PT Rohto, kayaknya boleh2 aja deh sis :)

      Delete
  4. hallo makasih review an nya yang super lengkap :)
    aku mau nanya dong kamu bialng kamu pake ini cuma sehari sekali ya? di malam hari aja gitu?
    trus kamu emang cuci muka sehari sekali aja atau lebih dari sekali dan kamu kombinasiin sama produk lainnya?
    maaf ya kalo nanya kebanyakan karna wajahku oily bgt dan masih nyari produk yang tepat buat aku, siapa tau aku bisa cocok juga pake ini dan (mungkin) kalo kamu pake produk lainnya juga aku bisa cocok hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lollyta, iya bener akupakenya malam hari aja.
      cumuk pastinya lebih dari sekali sehari ya :) pagi aku pake HL Shirojyun facewash biar ga garing.malem baru pake ini ^^
      and..sama2 kunjungannya :D

      Delete
  5. fall in love with your blog and your review is really helpful, i stop searching for other review after reading yours. thanks

    ReplyDelete
  6. Akhirnya! Beauty Blogger yang betul-betul tahu apa yang ada di dalem skincare products! Itu baru skincare junkie, mereka harus tahu ini dan itu secara ilmiah...!

    Semoga blogmu semakin terkenal, Miss Coffee. =)

    Meneaterpaprika

    Nb: Happy Chinese Lunar-Newyear! 萬事如意 (Semua hal menjadi nyata)!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Randy kunjungannya :D
      dan sama2, Xin Nian Khuai Le ! semoga kita semua juga makin bagus hokinya di tahun ini yaa ^^

      Delete
  7. Salam kenal Miss Coffee...
    Aku jg pakai HL Tamagohada FW (malam) & Shiro FW (pagi), so far sih baik2 aja.
    Berlebihan gak kalo aku pake Shiro FW (lagi) siang hari sblm reaply sunblock? Atau ada alternatif lain semisal facial cleansing wipes?
    Makasih sblmnya...

    ReplyDelete
  8. Hi missy, thanks buat review an mu yang super lengkap yah
    AHA/BHA kan terkenal dengan efek peeling mereka ya.. menurut kamu kalau aku lagi pakai cream muka yang mengandung AHA juga, ditimpa pakai ini gpp ga ya? sekarang aku lagi pakai Glycolic acid 10%. Takutnya kebanyakan ;3 Btw ga dikasih tau ya dari HL nya kandungan AHA BHA nya berapa %?
    TIA ya dear

    ReplyDelete
  9. miss coffee skolah di kedokteran apa dokter kulit yah?? hihi.. seneng baca ilmunya diblog ini deh :D

    ReplyDelete