Monday, October 15, 2012

Tutorial : Eyebrow 101 - Jurus Awet Muda

Yang tau dongeng Putri Salju aka Snow White mana suaranyaa?
pasti juga tau lah ya, kalo si Snow White punya ibu tiri super cantik [tapi juga super jahat --;;] dan super awet muda [pake krim apaan Jeng?]
Tapi, si Ibu Tiri saking insecurenya, nyuruh si Huntsman ngebunuh si Snow White.
Wait.Kok jadi review filem?

Kembali ke laptop!
Let's check these images first ;) dan temukan perbedaannya antara Evil Queen dan putri2 cantik lainnya.

'Gw nggak pake krim buat awet muda, gw pake ramuan ajaib'
'Ah,ciiusss?'

Nah, apa sih yang bikin si Evil Queen keliatan umur 1500 taun -padahal ya nggak mungkin lah yaa-, dan apa sih yang bikin Snow White, Ariel, Cinderella, Jasmine,Belle,Rapunzel,keliatan forever young?
Ada yang jawab;'Ya kan soale gambar kartun!'
Aish, bukan itu maksudnya.Kurang jelas? Liat gambar berikut:

The..erm...Queen?
Saya pasti nyoblos fotonya Jeng satu ini kalo ada Pemilu Putri.
Baiklah, dua Jeng - Jeng diatas sama2 cantiknya. Tapi apa sih yang bikin Mariana Renata keliatan muda-remaja? Bener banget, kuncinya ada di alis.
'Lhoh,alis yang bagus kan yang tajam gitu'. Nggak. Nggak ada standar alis bagus alis nggak bagus. Adanya cuma : alis yang sesuai buat muka kita. Every part of our face punya fungsi sendiri, and everything can be used/enhanced, not altered; to give that look of Disney Princesses' or Maria Renata's : ourselves,but better.
Makeup cuma alat ajah :)
Back again to eyebrow.
Kita bisa liat kalo alisnya si Evil Queen punya 'kesalahan' seperti ini:



Sebelum dilanjut, let me say bahwa: dalam perlenongan, nggak ada bener-salah,asik-gak asik. Semuanya sah,just wear/do whatever you want. Makeup is something to have fun with, dan kita bisa ngapain aja dengan makeup/wajah kita asalkan kita nyaman, pede dan happy ^0^ Si Evil Queen juga happy2 aja toh pake alis penggarisan segitiga. Tutorial ini cuman ngasi tau rahasia buat make up newbies tentang gimana alis yang bikin keliatan muda :) Bukan alis yang bener ;) Dan, perlu dicatat juga, ini nggak berlaku buat make up character/cosplay/theatrical. Ini hanya berlaku buat daily life, wearable makeup yang bakal kita butuhkan sehari2 :D

Garis Hijau
Emang muka orang jarang ada yang simetris.Kalo simetris, namanya wajan.Simetri bukan kunci biar makeup 'sempurna'; yg jadi kunci adalah proporsi.Proporsi ini khas, karena masing2 muka orang itu khas ;) Tempelin kuas ato penggaris boleh,terserah aja, di ujung cuping hidung kanan dan kiri. Alismu harusnya mulai dari situ. Kenapa?Karena :
1). Untuk ngasi posisi highlight yang pas di inner tearduct.
2) Membuat tulang hidungmu tampak proporsional, tanpa oplas. Dijamin 100%.

Garis Putih
'Kesalahan fatal' Evil Queen adalah: alisnya yang terlalu tajam, bikin mukanya keliatan jahat. Liatin lagi deh gambarnya Disney Princess yang lengkung alisnya lebih lembut,mengikuti bentuk mata masing - masing. Cinderella, Princess Jasmin,Ariel, adalah contoh yang saya maksud ^^V.
Lah, trus, kayak Bakabon dong!
'Alis gw nggak salah donggg'
Nggak juga, alis harus ada titik dimana dia melengkung naik, dan titik idealnya adalah dimana garis lurus dari ujung cuping hidung -- sisi luar pupil kanan [untuk mata kanan] atau sisi luar pupil kiri [untuk mata kiri] -- alis; seperti yang ada di gambar pasien kita hari ini. Disitulah alis mulai melengkung naik dikittt aja sebelum berakhir di:

Garis Pink.
Titik dimana alismu 'selesai'.
Titik ini idealnya berada segaris dari cuping hidung - sudut terluar mata. Why? Soalnya, kalo nggak segaris, kita bakal tergoda buat mengisi 'ruang' antara alis - mata dengan eyeshadow. Jadinya bukannya tambah bagus, tapi jadi kayak Evil Queen.

Nah, selagi kita ngobrol, Evil Queen lagi di make-over, dan inilah hasilnya:


The Evil Queen Goes Ullzang

Alis : mengikuti bentuk mata dan 'aturan2' garis hijau, putih, dan pink tadi.

Shading  : karena Evil Queen matanya nggak simetris - dan tokoh kartun pula - shading yg gak akurat di ilustrasi bisa diabaikan yaa. Intinya adalah, memberi bayangan di ruang antara pangkal alis, pangkal hidung dan inner tearduct.

Eye Shadow : bagian yang ditarik keluar, bentuknya mengikuti lengkung alis.Dimana lengkung alis naik, disitu eye shadow bisa di-blend keluar ;)

Bottom lash liner: supaya 'nurutin' garis pink, Evil Queen pake Kohl/Kajal eye pencil di lower tear line lalu di blend keluar, 'disatukan' sama upper lash liner pake liquid liner ato gel liner.

Highlight : di tear duct terus sampe ke garis batas pupil dalam.

Cheek & Lip & Lens: karena Evil Queen undertone nya cool, dikasi pink based on blue blush on, and for finishing, a berry -colored lipstick. Menyesuaikan sama makeup nya, Evil Queen pake softlens ungu, hihihi.


Alis yang lengkungnya lembut, tebal dan nggak tipis [cuma kayak garis gitu], bikin kesan muda dan segar just in an instant!
Makasih udah mampur & baca ^^v


Note :
- The Evil Queen dipakai hanya untuk ilustrasi

4 comments:

  1. ga kebayang kalo Evil Queen joget ala ceribel dengan dandanan ulzzang kayak gini yah.*mendadak merinding*

    annywayy, makasii udah rajin mampir ^0^

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasalah siang2 begini mau ngerjain kerjaan males,jd aja blogwalking,berhubung blognya asik ya dikomen donk *alibi*

      Delete